Selasa, 03 Mei 2016

Desa Mangunharjo Membangun Again

Desa Mangunharjo Membangun Again - Berhubung kuota masih banyak kali ini saya akan memberikan kabar mengenai Pembangunan di Desa Mangunharjo. Karena lokasinya tepat di depan rumah saya jadi sedikit mendapat picture yang lumayan lah ketimbang harus dibilang gelo sama orang-orang. Jangan salah, pekerjaan ini saya lakukan bukan untuk mencari money namun yang jelas saya juga pernah tinggal di Kota merantau 1/2 tahun tok tapi. Nasib2....

Pekerjaan ini saya lakukan untuk memberikan gambaran mengenai kemajuan Desa Mangunharjo, mereka yang pernah tinggal di Desa Mangunharjo tentunya tahu kan seperti apa gambaran pada dulu dan sekarang. Untuk itu saya akan memberikan info mengenai Desa Mangunharjo secara mendetail, yang jelas saat ada waktu sela saya akan mengusahakan memberikan gambaran mengenai keadaan saat ini.

Berbicara mengenai Pembangunan di Desa Mangunharjo, kali ini menyasar ke tanggul depan rumah saya, kabarnya dana yang digunakan adalah Dana Aspirasi (yang mengusulkan Kepala Desa Mangunharjo). Jelas Dana Aspirasi ini sangat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah maupun di Desa-desa. Baik pemerataan pembangunan dan percepatan turunnya pembangunan ke daerah yang selama ini dirasa kurang memuaskan.

Lalu apa itu Dana Aspirasi?
Jawabannya akan saya singkat karena saya cek di banyak sumber intinya adalah

Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) atau lebih dikenal dengan Dana Aspirasi. Dana Aspirasi ini diperuntukkan untuk setiap anggota DPR secara langsung. Dana Aspirasi sebenarnya jika dianalisa mirip dengan "pork bareel budget" di United States (US). Padahal Dana Aspirasi sebenarnya adalah aspirasi masyarakat melalui para anggota dewan yang diteruskan kepada pemerintah selanjutnya direalisasikan oleh bina program yang bentuknya berupa barang dan sebagainya. Dana Aspirasi ini digunakan untuk menjaga status quo anggota DPR dengan membayar balik jasa konstituen dalam kampanye sebelumnya dengan menggunakan uang negara.

Diatas adalah penjelasan mengenai Dana Aspirasi, sebenarnya penjelasan lengkapnya adalah agar Anggota DPR yang memberikan Dana Aspirasi supaya dipandang di daerah pemilihannya, sehingga saat akan maju kembali kemungkinan akan dipilih kembali di dapil tersebut. Sebetulnya saya hanya menjelaskan sedikit mengenai pengertian, terserah nanti anda mau bagaimana yang jelas menurut saya Dana Aspirasi sangat membantu kemajuan setiap daerah pemilihan Anggota Dewan tersebut, tinggal kita sebagai rakyat yang menyaksikan untuk apa Dana Aspirasi digunakan.

Berbicara mengenai Dana Aspirasi, di Desa Mangunharjo mendapatkan bantuan sebesar Rp. 200 juta untuk pembangunan batu rai di sungai tengah antara Dukuh Karangkambang dan Pecangkringan. Dana Rp 200 juta ini berupa proyek pengerjaan yang sekarang sudah berjalan beberapa hari atau sekitar sudah 1 mingguan lebih karena terkendala dengan keadaan alam yang sering hujan.

Yang jelas pembangunan sisi tanggul tidak akan mendapatkan semua, untuk tanggul Dukuh Karangkambang kemungkinan akan sampai di jembatan paling selatan atau sawah, dan untuk tanggul Dukuh Pecangkringan kemungkinan hanya sampai di sebelah Rumah Mas Agung atau sekitar 20 meter dari jembatan utara.

Agar lebih jelas, cek langsung ini adalah foto dari mulai pembersihan tanaman sampai pemasangan batu rai di tanggul Dukuh Karangkambang. Sisi kemiringan bangunan disamakan dengan batu rai jembatan tengah.

Sebelum dilakukan pembersihan lahan tanaman

Sesudah dilakukan pembersihan lahan tanaman
 Dari arah barat




Persiapan batu rai di bagian jembatan tengah
Untuk saat ini persiapan batu rai sudah mencapai depan rumah Mas Weda ngantek nutup dalan mbarang

Patokan kemiringan batu rai

Pembuatan dari arah utara saat ini sepanjang 10 meter
 Dari arah barat




Untuk pengerjaannya sendiri langsung di lakukan oleh pengembang DPU, untuk itu pekerja yang diambil dari lokal hanya beberapa orang saja kebanyakan lainnya adalah dari pihak proyek/pengembang yang saat ini dilakukan langsung oleh DPU Kabupaten Kebumen.

Budayakan membaca dan jangan lupa share artikel ini keteman atau saudara supaya mereka yang pernah tinggal di Desa Mangunharjo tahu keadaan saat ini. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk me like status saya di facebook Cah Mbangunharjo.

Sumber berita ini:1. Bapak Kepala Desa Mangunharjo (Suparno)
2. Bapak RW 001 Sutiman
3. Bapak RT 001 Basuki
4. dll

Yang membantu dalam pembuatan artikel ini saya sendiri. Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar