Selasa, 05 Januari 2016

MANGUNHARJO KEKERINGAN AGAIN

MANGUNHARJO KEKERINGAN AGAIN - Sesuai dengan judul pagi ini sudah berlanjut sekitar 1 minggu ini sejak akhir Tahun 2015 yang lalu. Pagi ini saya sudah niat sekali untuk melakukan foto mengenai keadaan Desa Mangunharjo. Meskipun sudah memasuki musim penghujan yang yang terjadi sebaliknya.

Keadaan alam serta cuaca di Desa Mangunharjo serta sekitarnya saat ini memang sedang dilanda kekeringan, mungkin hanya sementara namun sudah membuat rugi petani di semua dusun di Desa Mangunharjo.

Tanah persawahan yang awalnya saat ditraktor basah dan lembab kali ini 1 minggu penuh tanpa air, banyak sawah yang sudah terlanjur di tanami winih (bibit padi) dan banyak dari semua persawahan ini mengering akibatnya semua bibit tanaman mengering berwarna merah dan akhirnya mati.

Beberapa ada yang masih belum ditanami itupun hanya 25% dari jumlah lahan di wilayah Desa Mangunharjo khususnya di tempat saya Karangkambang-Criwik masih sedikit yang belum ditanami dan tanahnya kering bahkan sampai mletak alias nelak alias mengering seperti lungka.

Tanah yang sudah mengering padahal sudah dilakukan pengolahan dengan cara di traktor, jika dilihat dari jalan tanah persawahan seperti lapangan yang halus. Nanti bisa dilihat pada gambar yang berhasil saya jepret pada pagi ini Selasa, 05 Januari 2016 pada pukul 06.00 saat sang fajar belum muncul.


Keterangan pada malam hari jika musim hujan biasanya tidak muncul bulan namun pada 1 minggu ini bulan muncul penuh selingkaran sampai cahayanya sangat terang ditambah dengan air embun yang sangat pekat pada jam-jam 00.00 - 04.00.

Solusi yang dilakukan oleh Desa Mangunharjo
Kemarin pada hari senin saat ada kesripahan Ibu dari Bapak Bayan Sutiman saya melewati Dusun Bulupayung, parahnya tanah persawahan disana masih belum di traktor. Karena tanahnya mengering jadi terlihat sangat parah dengan keadaan tanah membelah besar-besar kayak lungka.

Beberapa hari ini semua warga/perangkat Desa Mangunharjo untuk semua Dusun melakukan cek up pompa air pada setiap sudut persawahan di semua Dusun dipasangi pompa air agar sawah ter aliri, namun sebagian masih belum terkena air jadi tanaman sampai mengering.

Selain persawahan kemarin juga dari pihak Desa Mangunharjo bersama dengan jajaran termasuk Bapak Kepala Desa Mangunharjo melakukan check up pada setiap sungai atau persawahan untuk dilakukan pemotretan yang gunanya adalah untuk diusulkan pada Anggaran Bantuan Pemerintah sebagai acuan dalam proyek pembangunan Desa Mangunharjo selanjutnya, sayangnya kemarin saya tidak ikut dalam sesi pemotretan karena kelelahan bersama kawan-kawan Karang Taruna Generasi Kreatif beres-beres acara kesripahan di Dusun Karangkambang.

Dapat Undangan Reorganisasi Karang Taruna Tingkat Desa
Saat kesripahan di Rumah Ibu Bayan Sutiman saya mendapat kabar bahwa akan ada rapat dadakan mengenai perlombaan Agustusan atau lainnya sebagai wadah untuk pemuda-pemudi di Desa Mangunharjo.

Undangan ditujukan untuk 3 orang dalam 1 kepengurusan Karang Taruna di Desa Mangunharjo, ada 4 dusun yaitu Dusun Karangkambang-Criwik, Dusun Pecangkringan, Dusun Bulupayung, dan Dusun Duduhan. Semuanya nanti akan dikumpulkan bersama guna untuk melakukan reorganisasi pada tingkat Desa.

Bagi pemuda-pemudi yang berada di perantauan silahkan memberikan kami tanggapan dan bila ada yang mau memberi saran silahkan kirim pesan melalui Group Facebook "Cah M'bangun Harjo".
Nanti anda tinggal ketikkan saran dan kritikan mengenai Karang Taruna disetiap masing-masing Dusun, nanti dari kami Admin blog desamangunharjo.blogspot.com akan menyampaikan di forum Karang Taruna tingkat Desa Mangunharjo.

Sebagai tambahan berikut saya lampirkan undangan pada hari ini

Sedikit informasi bahwa Karang Taruna di Desa Mangunharjo khususnya untuk sebagian Dusun mengalami perubahan organisasi termasuk di Dusun Karangkambang-Criwik dan Pecangkringan.

Mohon dukungannya kepada teman-teman rekan yang ada di perantauan kami Karang Taruna Desa Mangunharjo akan melakukan perekrutan lapangan Bola Voli yang nantinya akan diadakan di Lapangan SDN Mangunharjo, kalo ada dana lebih akan dibelikan bola dan lapangan meminjam tanah milik warga yang lebih luas lagi untuk perkembangan pemuda pemudi Karang Taruna "TUNAS KARYA" Desa Mangunharjo.

Perlu diberitahukan bahwa Karang Taruna TUNAS KARYA sebetulnya sudah memiliki fasilitas olahraga yang mumpuni, seperti tenis meja, bola kaki, bola voli, catur, bahkan bekel pun ada. Sayangnya semua itu hanya terbengkalai di ruangan Desa Mangunharjo, oleh karena itu kita juga harus merawat dan menjaga semua titipan dan pemberian dari Desa.

Semoga kami pemuda-pemudi Karang Taruna TUNAS KARYA di Desa Mangunharjo akan semakin maju kedepannya karena kita sudah masuk ke Tahun 2016 ini.

"SELAMAT TAHUN  BARU 2016, SEMOGA SUKSES SELALU UNTUK DESA MANGUNHARJO"


Meskipun telat tapi masih 5 hari sejak tanggal 1 Januari 2015 hehehe
Terima kasih sudah kembali membaca tulisan ini, dan jangan lupa share ya artikel "MANGUNHARJO KEKERINGAN AGAIN" dan terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar