Rabu, 06 Januari 2016

PEMBENTUKAN KEPENGURUSAN BARU KARANG TARUNA "TUNAS KARYA" TINGKAT DESA MANGUNHARJO

Assalamu'alaikum wr wb

PEMBENTUKAN KEPENGURUSAN BARU KARANG TARUNA "TUNAS KARYA" TINGKAT DESA MANGUNHARJO - Tadi malam tepatnya pukul 19.30 WIB hari Selasa tanggal 5 Januari 2016 telah diadakan rapat kepengurusan mengenai Reorganisasi dan Pembentukan kembali kepengurusan Karang Taruna di Tingkat Desa Mangunharjo yaitu Karang Taruna "TUNAS KARYA".

Pembawa acara dibawakan oleh Mas Hendra Kurniawan dan sebagai Pelindung Bapak Kepala Desa Mangunharjo Suparno serta Ketua Karang Taruna sebelumnya Bapak Sawaludin.

Acara meliputi:
1. Sambutan-sambutan
2. Reorganisasi
3. Pemilihan pengurus Karang Taruna Tingkat Desa Mangunharjo
4. Lain-lain
5. Penutup

Sambutan yang pertama adalah Ketua Karang Taruna "TUNAS KARYA" Desa Mangunharjo.
Yang menggagas pada pertemuan tadi malam adalah beliau sendiri Ketua Karang Taruna tingkat Desa Mangunharjo Bapak Sawaludin, karena menurut beliau dirasa sudah cukup lama menjabat dan ingin meneruskan kepada pemuda pemudi Karang Taruna Desa Mangunharjo khususnya untuk semua RW baik RW 01, 02, 03, dan 04.

Sambutan yang kedua oleh Kepala Desa Mangunharjo Bapak Suparno selaku Pelindung.
Beliau mendapat ide perkumpulan pada malam hari oleh Bapak Sawaludin dan Bapak Kepala Desa langsung menanggapinya dengan melakukan pertemuan pada malam hari kemarin. Yang diundang pada pertemuan tadi malam tidak semua hanya Ketua dan 2 Anggota pada masing-masing RW.

Tujuan utama diadakan pertemuan pada malam hari tadi adalah untuk menjalin silaturahmi antar pemuda pemudi Desa Mangunharjo yang pada kali ini langsung bertemu di Aula Gedung Balai Desa Mangunharjo.

Selain itu beliau Bapak Kepala Desa juga memberikan gagasan kepada Kami pemuda pemudi Karang Taruna tingkat RW bahwa akan merintis bersama kembali dengan cara pemilihan Ketua Karang Taruna tingkat Desa Mangunharjo.

Bagi Ketua Karang Taruna tingkat Desa Mangunharjo yang terpilih nantinya akan memilih sendiri kepengurusan baik itu Sekretaris, Bendahara, dan Seksi-Seksi sesuai bidangnya masing-masing. Ketua Karang Taruna yang terpilih akan menjabat selama 5 tahun yaitu sejak Tahun 2016-2021.

Beliau Bapak Kepala Desa Mangunharjo juga memberikan semangat dengan memberikan pendanaan untuk Karang Taruna Tingkat Desa yang pada Tahun Anggaran 2015 kemarin sudah mencairkan dana sebesar Rp. 2.500.000 untuk kas Karang Taruna tingkat Desa Mangunharjo.

Selain dari Keuangan Desa Mangunharjo, nantinya Karang Taruna juga dapat membuat proposal untuk membuat/mengembangkan usaha yang ada di masing-masing RW guna untuk memajukan Generasi Penerus Pemuda pemudi Karang Taruna Desa Mangunharjo.

Menurut beliau, Lembaga Desa yang tidak berbadan hukum adalah PKK dan Karang Taruna, jadi saat mengajukan Proposal akan cepat dan dimudahkan asalkan sesuai dengan AD/ART. Di Kecamatan Adimulyo juga banyak Dinas terkait yang dapat membantu Proposal Karang Taruna Tingkat Desa bahkan bisa mencapai Kabupaten.


Acara Ketiga adalah Pemilihan Ketua Karang Taruna tingkat Desa Mangunharjo dan kepengurusannya.

Saya sendiri sebagai Admin dan Ketua Karang Taruna RW 01  mengusulkan dalam pemilihan Ketua Karang Taruna tingkat Desa dengan mencari suara terbanyak. Yang dikandidatkan sebagai Ketua Karang Taruna adalah dari RW 01 saya sendiri (Koko), RW 02 Mas Hendra Kurniawan, RW 03 Mas Mulyono, dan RW 04 Kusworo.

Dan terpilihlah Ketua Karang Taruna tingkat Desa dengan perolehan Mas Hendra (15) dan Saya (6) sisa 1 memilih Kusworo.

Lalu Ketua memilih kepengurusannya dibantu oleh Beliau Bapak Kepala Desa Mangunharjo dan Mantan Ketua Karang Taruna Desa Mangunharjo.

STRUKTUR ORGANISASI
KARANG TARUNA "TUNAS KARYA"
DESA MANGUNHARJO

Pelindung : Kepala Desa Mangunharjo (Bpk Suparno)
Penanggung Jawab : Sawaludin
Pelaksana : Suwaryo

Ketua : Hendra Kurniawan
Sekretaris : Handoko (admin)
Bendahara : Dewi Apriyani

Seksi-Seksi
  1. Agama : Eko Nurdianto
  2. Olahraga : Juni Andriyadi
  3. Kesenian : Agung
  4. Pelatihan : Kusworo
  5. Lingkungan Sosial : Mulyono
  6. Lingkungan Hidup : Dewi Nur Chotimah
  7. Humas : Semua Ketua Karang Taruna masing-masing RW Desa Mangunharjo






Acara selanjutnya adalah lain-lain disambung dengan penutup.

Saat sudah dipenuhi semua tempat dalam Organisasi Karang Taruna tingkat Desa "TUNAS KARYA" selanjutnya beliau Bapak Kepala Desa dan Bpk Sawaludin mohon ijin untuk melanjutkan memompa air untuk pengairan sawah yang sudah mengering.

Baca Juga : MANGUNHARJO KEKERINGAN AGAIN

Tepat pukul 21.30 kami semua Pengurus Karang Taruna "TUNAS KARYA" Desa Mangunharjo melajutkan kegiatan dengan membuat perencaan Anggaran penghabisan untuk tahun 2015 sejumlah uang adalah Rp. 2.034.000.

Setelah dilakukan syaring dengan teman-teman Karang Taruna TUNAS KARYA akhirnya diambil kesimpulan bahwa pemuda pemudi Karang Taruna meminta perlengkapan olahraga seperti Bola Voly, Bola Tendang, dan Net Voly.

Nantinya dari Karang Taruna tingkat Desa Mangunharjo akan membuat Jadwal pelatihan untuk Bola Voly dan Sepak Bola. Jadi sementara Lapangan Voly ada di SDN Mangunharjo dan Lapangan Sepak Bola ada di Dusun Duduhan.

Jadwal akan dilakukan 1 minggu volly dan 1 minggu sepak bola, kami pengurus akan mencari bibit unggulan untuk diikutkan dalam pertandingan sepak bola dan volly yang biasanya diadakan di Kecamatan Adimulyo yang sebelumnya belum pernah mengikuti insya Allah tahun ini kami akan mengikuti pertandingan Sepak Bola dan Volly.

Sedikit tambahan, kami juga akan membuat Tim Sepak Bola dan Bola Volly untuk tingkat Desa, jika berkenan dengan ikhlas kami akan membuat Kaos tim, dana yang akan kami gunakan adalah melalui Proposal dan mungkin beberapa Donasi dari Anggota Karang Taruna.

Doakan kami selalu kompak dan tidak ada masalah sampai masa periode kami 5 tahun sejak 2016 - 2021 ini sehingga kami para pengurus Karang Taruna "TUNAS KARYA" Desa Mangunharjo dapat melanjutkan Amanah yang diberikan kepada kami saat ini.


Bila ada kata-kata yang kurang berkenan dihati, kami segenap Pengurus Karang Taruna "TUNAS KARYA" Desa Mangunharjo meminta maaf yang sebsar-besarnya. Akhir kata

Wassalamu'alaikum wr wb

6 komentar:

  1. Maaf mas, boleh minta kontaknya? Saya ingin membentuk karang taruna tapi masih bingung dari tata cara pendaftaran dll, utk tingkat desa. Bila berkenan mohon cantumkan kontak. Hatur nuhun...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. apa yang di butuhkan untuk pembentukan kartar mas??? bisa email jawaban ke kartar06.gedong@gmail.com atau di insta kartar06.gedong tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. karang taruna di desa kami sudah berjalan, hanya saja tidak ada kejelasan di tingkat desa yaitu mengenai anggaran.
      Maka yang perlu pertama kali di butuhkan adalah AD/ART
      selain itu juga persetujuan dari tingkat Desa misalnya tokoh pemuda, tokoh agama, kepala desa serta orang yang dituakan.
      ada baiknya lagi ditingkat RW/Dusun aktif jadi dari tingkat desa tinggal meneruskan.

      Hapus
    2. Apakah pembentukan karang taruna baru yang sekarang ada pembatasan usia apa tidak

      Hapus
    3. kalo pembatasan usia dilakukan maka nanti generasi penerus akan habis, kalo kami usia SMP sudah masuk kriteria, baiknya kalo pembatasan usia jangan hanya yang setingkat SMA, pengalaman sekarang saja yang lulusan pergi merantau, jadi sebagai pengganti yang masih menjadi anggota rata-rata disini kelas 1 SMP - 3 SMA/K

      Hapus