Senin, 01 Februari 2016

Wajah Baru Desa Mangunharjo Tahun 2016

Wajah Baru Desa Mangunharjo Tahun 2016 - "Bali Ndeso, Mbangun Ndeso".... Masih ingat dengan slogan dari Gubernur Jawa Tengah (Bibit) yang sebelumnya memajang spanduk bertuliskan seperti diatas. Maksud dari spanduk tersebut adalah "Pulang ke Desa, Bangun Desa". Arti sebenarnya saya sendiri bisa memahami tapi yang jelas untuk anda yang berada di perantauan.

Setahun sekali bagi pemuda pemudi perantauan mudik ke kampung atau Desa, dan lihat apa yang terjadi banyak perubahan dimana-mana. Ini bukan karena program dari Desa tapi memang Pemerintahan saat ini menetapkan Dana Desa mencapai 1 M.

Desa hanya membantu mencairkan dan mengembangkannya untuk sumber penghasilan rakyat di Desa-desa. Bisa dibayangkan dana sebesar 1 M untuk sebuah desa mungkin akan menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat untuk kepentingan Desa.

Seperti contoh pembangunan talud di Dusun Criwik, pembangunan jalan di Dusun Pecangkringan dan lainnya untuk pengembangan di Desa khusus nya Mangunharjo. Pemerintah Desa hanya menjalankan dari atas atau Pemerintah Pusat. Bayangkan jika sebuah Desa bisa membangun sendiri wilayahnya, hal itu tidak mungkin terjadi. Pemasukan Desa Mangunharjo saja untuk pembangunan mungkin masih kurang bila tidak disokong dari Desa.

Program banyak di utarakan, namun jika tidak ada dana percuma saja nantinya hanya bulshit dan omdo saja. Beruntungnya pemerintahan saat ini dan sebelumnya telah menyerap banyak tenaga untuk pembangunan Desa.







Saya melihat di Desa Mangunharjo mengalami pesat pembangunan terutama untuk usaha pertanian seperti pembuatan Talud, jika tidak ada Pak Edy Sarjono yang mengusulkan maka kemungkinan Desa Mangunharjo tidak ada apa-apanya. Belum lagi untuk semua memang dikerjakan oleh beliau Bapak Edy Sarjono, Bayan Yudi, Bayan Satiman, dan Bayan Yatimin.
Kelurahan Desa Mangunharjo Tahun 2002

Jika bukan mereka Desa Mangunharjo mungkin tidak bisa dibangun, yang utama dalam suatu Desa bukan mereka yang kaya akan harta namun adanya orang yang mau menghargai pendapat orang lain, mungkin saja dari artikel ini jelas isinya bahwa Desa Mangunharjo menjadi maju dengan adanya Perangkat Desa yang jujur dan mau bekerja bersama bukan Perangkat Desa yang hanya mengandalkan kekuasaan dan kesombongan. Semoga di Desa Mangunharjo tidak ada Perangkat Desa seperti itu.

Dan hasil dari pembangunan di Desa Mangunharjo adalah dibawah ini, cek sendiri yah mau maghrib dulu:




Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa share artikel "Wajah Baru Desa Mangunharjo Tahun 2016" jika bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar