Senin, 07 September 2015

Kamar Mandi WC SDN Mangunharjo Yang Wangi

Assalamu'alaikum wr wb

Dulu waktu saya duduk dibangku kelas 4 SD masih teringat jelas kenangan yang tersimpan di SDN Mangunharjo, Ya sekarang kita akan kembali bernostalgia di lingkup Sekolah Dasar Negeri Mangunharjo yang mana kita akan membandingkan Sekolah yang dulu dengan sekarang.

Sekolah Dasar Negeri Mangunharjo berdiri sejak 01 Agustus 1985 (ralat menjadi 01 Agustus 1966) saya kutip dari blog SDN Mangunharjo, bisa dibayangkan umur SD ini sangat tua bila dibandingkan dengan umur kita saat ini. Perubahannya pun berbeda dari dulu saya pada tahun 1996 sampai 2015 sekarang sudah banyak perubahan termasuk yang paling saya ingat adalah bagian WC/Kamar Mandi yang mengalami perbaikan pada tahun 2000.

Dulu Kamar Mandi/WC SDN Mangunharjo sangat jorok dan berlumut hingga tidak bisa di sikat lagi bahkan baunya mungkin baru keluar dari Ruang Kelas 4 paling barat saja waow segar banget deh pokoke baune merambat sampai ke depan kelas, padahal setiap hari di sapu, di bersihkan, sampai di kosok oleh Pak Marto yang sangat berjasa membersihkan Sekolah Mangunharjo sampai sekarang beliau sudah pensiun dan sehat wal'afiat.

Ingat dengan jelas di kelas 4 SD Mangunharjo saya diajari oleh Pak Guru Sakiyo, beliau tinggal di Desa Banyuroto saat ini. Saat itu Pak Sakiyo adalah guru yang super killer, maksudnya adalah galak dan suka main kasar. Didikan beliau memang dengan cara menggembleng karena kami dulu sangat tidak sopan dan tidak menurut kepada beliau.


Ya omongan demi omongan beliau hanya dimentahkan saja oleh murid-murid kelas 4 SD Mangunharjo sehingga setiap harinya kami selalu diberi hukuman. Cara gemblengan beliau berguna sampai saat ini, contohnya adalah ketika dulu berangkat kesiangan sekarang jadi teringat jelas pesan beliau. Juga yang tidak bisa saya lupakan adalah ketika beliau menyuruh salah satu anak di kelas 4 SD, untuk nama saya tidak sebutkan... Ini ceritanya... Salah satu murid mau ijin ke Kamar Mandi menggunakan bahasa jawa (mungkin belum mengerti arti kata tersebut jadi diucapkan saja tanpa berpikir artinya)

Murid : Nyuwun Sewu Pak, "Kulo Ijin Badhe Dahar"
Pak Sakiyo : Arep ngapa kowe?
Murid : Kulo ijin badhe Dahar teng Kamar Mandi
Pak Sakiyo : Sembrono kowe, aring wong tuwa le ngomong badhe Dahar
Murid : Nyuwun Sewu pak, (liwat ngalor)
Pak Sakiyo : Hey, kowe ngerti artine Dahar ora arep meng WC, Arep Dahar E*k apa!!!
Murid : (mlayu mlebu meng WC)

Semua anak di kelas tertawa terbahak bahak mendengar tingkah salah satu murid kelas 4 SD Mangunharjo sampai saat ini anaknya juga masih sehat dan setiap hari saya bermain dengan anak tersebut.


Selain Kamar Mandi/WC cekungan kali di belakang sekolah juga sudah tidak di gunakan untuk budidaya ikan. Sekarang sudah di tutup menggunakan tanah sawah (lungka) ada niatan dari Guru Sekolah Mangunharjo akan dijadikan lapangan bermain dan bisa untuk lapangan Voli tiap sore digunakan oleh Karang Taruna/seluruh pemuda pemudi Desa Mangunharjo (niat mau membangun tapi kekurangan dana, jadi kalau mau menyumbang boleh tanya ke Sekolah Mangunharjo).


Mungkin cukup itu saja mengenai Kamar Mandi/WC Sekolah Mangunharjo dulu dengan sekarang ternyata berbeda jauh, sekarang baunya sedikit wangi tidak terlalu bau pesing.

Kenangan di Sekolah Mangunharjo saya simpan dalam tulisan ini dan sangat jelas apa yang pernah dulu saya bersama teman-teman alami hingga saat ini tidak akan pernah terlupakan dari TK sampai SD di Desa Mangunharjo.

Ada yang mau menambahkan silahkan komentari dibawah ini...

Wassalamu'alaikum Wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar