Kamis, 17 Juli 2014

Indahnya Sekolahku yang Baru

SDN 2 Mangunharjo yang Roboh
Assalamu'alaikum wr.wb
Masih ingatkan dengan gambar bangunan yang ada disamping ini, ayo coba tebak, kira-kira bangunan apa yang saya jepret barusan di daerah dusun paling utara.

Bangunannya sudah roboh lama dan tidak pernah terpakai selain untuk pengeringan padi juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk penggilingan padi.

Bangunan ini umurnya lebih tua dari saya sendiri, bahkan sebelum saya lahir di Desa Mangunharjo.

Ini adalah bangunan SDN 2 Mangunharjo, yang dulu pernah digunakan untuk belajar siswa-siswi dari dusun bulupayung dan duduhan.

Saya masih ingat waktu itu dari SDN 2 Mangunharjo tepatnya kelas 5 SD di SDN 1 Mangunharjo baru pulang dari Jakarta. Saya melihat banyak siswa baru di SDN 1 Mangunharjo, bahkan hampir saya tidak ada yang mengenali siswa dari mana asalnya.

SDN 2 Mangunharjo yang Roboh
Sejak saat itu saya baru tahu mengapa siswa-siswi dari SDN 2 Mangunharjo pindah ke SD kami. Ternyata di SDN 2 Mangunharjo memiliki bangunan yang kurang memadai, selain itu siswa-siswi disana bisa dikatakan kurang banyak, bahkan ada beberapa kelas yang kosong karena siswa nya hanya dari 2 dusun tersebut.

Pindahnya siswa-siswi SDN 2 Mangunharjo kemungkinan karena lokasi yang kurang memadai juga siswa nya yang berkurang sehingga menyebabkan kekosongan kelas. Lebih parahnya lagi, dalam 1 kelas kata seorang teman saya yang dulu pernah belajar di SDN 2 Mangunharjo hanya berjumlah 5 orang.

Sampai saat ini bangunan tua yang berdiri mungkin hampir setengah abad ini tidak pernah digunakan. Hampir semua bangunan rata dengan tanah kecuali bangunan yang menghadap keselatan, untuk bagian timur bahkan tinggal batu batanya saja.

SDN Mangunharjo Tampak dari belakang
Melihat dari kondisi bangunan yang sudah tua dibandingkan dengan SDN 1 Mangunharjo (saat ini menjadi SDN Mangunharjo) yang sudah dibangun beberapa tahun yang lalu sangat megah dan bisa dikatakan mewah (Meped Sawah).

Sejak saat itu tepatnya tahun 1998 siswa-siswi yang belajar di SDN 2 Mangunharjo pindah ke SDN Mangunharjo. Banyak teman baru dan beberapa saya anggap special dihati.

Mudah-mudahan orang yang saya kagumi saat itu membaca tulisan ini, semoga kita dapat kembali mengingat indahnya saat di SDN Mangunharjo.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar