Jumat, 18 Juli 2014

Pulang Kerja Nganco di Sungai

Mas Agung Nganco di Dusun Pecangkringan
Assalamu'alaikum wr.wb
Kamis lalu, saya baru pulang dari kerja sekalian kemarin ada teman yang meminta orang yang sedang nganco.
Akhirnya saya menemukan ada yang sedang nganco di sungai dekat rumah Mas Agung Dusun Pecangkringan.

Awalnya saya hanya duduk-duduk sebentar, namun karena melihat banyak ikan termasuk susu melik, wader, dan udang maka anco dimasukkan ke sungai.

Ditunggu-tunggu sampai 15 menit sekali anco di angkat, dan hasilnya bisa untuk pepes ikan. Meskipun ikan saat ini sudah jarang ditemukan, berbeda waktu saya masih kecil jalan-jalan di sawah saja sudah bisa menemukan belut.
Mas Katam Nganco di Dusun Pecangkringan

Bahkan di Sungai ini dulu banyak sekali jenis ikan, diantaranya adalah:
1. Sepat
2. Wader
3. Udang
4. Susu Melik
5. Sili
6. Bayong
7. Loncom
8. Cabean
9. Welut
10. Ceba
11. Bethik

Mas Katam Nganco di Dusun Pecangkringan
Tapi sekarang hanya ada sepat, wader, udang, loncom dan welut.

Kebanyakan hilang karena penggunaan pestisida di sawah dan juga pupuk kimia lainnya, sehingga pertumbuhan ikan-ikan diatas semakin berkurang.

Mas Agung Nganco di Dusun Pecangkringan

Mas Agung Nganco di Dusun Pecangkringan
Selain karena pestisida juga disebabkan oleh obat ikan dan setrum ikan.
Semoga sungai dekat Desa Mangunharjo kembali lagi seperti semula, jadi bisa digunakan untuk mancing mania.

Amin......

Wassalamu'alaikum wr.wb

4 komentar:

  1. makasih.karna blog ini saya jadi inget kampung halaman. sudah ada 10 tahun lebih g kesana.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Nganco adalah aktiviti menangkap ikan secara Tradisional dan semakin dilupakan.
      Yang digambar itu alat untuk Nganco mas, jadi sekarang model kaya gitu sudah jarang digunakan. Tp beberapa masih menggunakannya, besok2 kalo ada kesempatan saya videokan cara Nganco. Terima Kasih sudah mau berkunjung...

      Hapus